Buka Rangkaian Evaluasi TPI di UPT se-Kanwil Jatim, Inspektur Wilayah VI Kunjungi Kantor Imigrasi Kediri

74

KEDIRI – Inspektur Wilayah VI Itjen Kemenkumham RI, Luluk Ratnaningtyas, memimpin Tim I Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan ZI melakukan Evaluasi Lapangan di Kantor Imigrasi Kediri, Sabtu (28/05). Kedatangan Luluk bersama tim didampingi oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Jatim, Hendro Tri Prasetyo, dan Kadiv Administrasi, Indah Rahayuningsih.

Baru pertama mengunjungi Kantor Imigrasi Kediri, Luluk beserta tim langsung disambut penampilan Yel-yel oleh pegawai Kanim Kediri dengan penuh semangat. Kepala Kantor, Erdiansyah, kemudian mengajak rombongan mengelilingi setiap sudut kantor untuk menunjukkan berbagai inovasi layanan serta sarana & prasarana pelayanan publik.

Erdiansyah mengawali menjelaskan layanan Pengambilan Paspor secara Drive-Thru dilanjutkan memantau fasilitas YANIRAMAH (Pelayanan Ramah HAM) untuk kelompok rentan. Inovasi tersebut merupakan inovasi unggulan ketika meraih predikat WBK di tahun 2020 dan saat ini telah dilakukan upgrade.

Selanjutnya, Erdiansyah menjelaskan inovasi unggulan di tahun 2022 ini dalam upaya meraih Predikat WBBM. Pertama adalah inovasi SICEPOT (Aplikasi Cetak Form Paspor Otomatis) dimana pemohon paspor tidak perlu berlama-lama menulis formulir permohonan paspor. Berbekal eKTP, formulir akan tercetak secara otomatis.

Berikutnya SITORA (Aplikasi Tim Pengawasan Orang Asing). Aplikasi ini dapat membantu memantau keberadaan orang asing secara real time berdasarkan peta sebaran wilayah serta sponsor.

Dalam layanan paspor, Imigrasi Kediri juga memiliki layanan Radisenggol (Imigrasi Kediri Sobo Neng Mol). Radisenggol merupakan layanan pengurusan paspor di mall yang berlangsung setiap hari Selasa dan Rabu di Kediri Town Square Kota Kediri.

Selain itu, Erdiansyah juga menjelaskan inovasi & fasilitas unggulan lainnya antara lain BUTADI (Buku Tamu Digital), absensi wajah, Listrik PLN Premium anti padam, dll.