INOVASI UNGGULAN

Untuk Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kediri menghadirkan inovasi-inovasi dalam pelayanan. Diharapkan inovasi tersebut dapat semakin memudahkan pemohon keimigrasian saat memanfaatkan layanan di Kantor Imigrasi Kediri. Berikut inovasi layanan unggulan di Kantor Imigrasi Kediri:

HALTE RAMAH HAM

Halte Ramah HAM merupakan sebuah halte khusus yang merupakan salah satu inovasi dalam pengembangan Layanan Ramah HAM. Layanan ini khusus diperuntukan untuk 4 katergori kelompok rentan; meliputi penyandang disabilitas / orang sakit, lansia, ibu hamil / menyusui, dan balita.

Selain halte, Kantor Imigrasi Kediri juga telah menyediakan Jalur Khusus Ramah HAM dan Ruang Pelayanan Khusus Ramah HAM bagi 4 kategori kelompok rentan tersebut.

Alur Kerja:

  1. Pemohon kelompok rentan berhenti di Halte Ramah HAM;
  2. Pemohon menekan tombol interkom di Halte Ramah HAM untuk memanggil petugas;
  3. Petugas akan segera datang lalu mendampingi pemohon menuju Ruang Ramah HAM (disediakan kursi roda bagi pemohon yang kesulitan berjalan);
  4. Pengambilan foto & biometrik paspor dilakukan di Ruang Ramah HAM;
  5. Selesai proses paspor, pemohon akan kembali diantar petugas menuju Halte Ramah HAM.

DRIVE-THRU PENGAMBILAN PASPOR

Kantor Imigrasi Kediri memiliki layanan tanpa turun (lantatur). Layanan Pengambilan Paspor secara Drive-Thru merupakan sebuah inovasi layanan dalam pengambilan paspor tanpa perlu turun dari kendaraan.

Layanan ini sangat membantu pemohon paspor terutama bagi yang terburu-buru saat mengambil paspornya.

Alur Kerja :

  1. Pemohon datang di pos depan lalu menyampaikan maksud untuk mengambil paspor secara Drive-Thru;
  2. Petugas pos depan akan melakukan pemindaian QR-Code permohonan paspor lalu alat pindai akan mengirimkan pesan & alarm otomatis ke petugas di loket Drive-Thru;
  3. Pemohon menuju loket Drive-Thru dan menunjukkan bukti pembayaran paspor;
  4. Petugas loket Drive-Thru akan menyerahkan paspor;
  5. Pemohon menandatangani paspor dan tanda terima pengambilan paspor;
  6. Pemohon dapat langsung meninggalkan lokasi kantor membawa paspornya.

CEK STATUS PASPOR

Cek Status Paspor merupakan sebuah inovasi aplikasi layanan Kantor Imigrasi Kediri yang berbasis teknologi untuk memeriksa apakah status paspor sudah dapat diambil atau belum.

Penggunaan aplikasi Cek Status Paspor ini sangat mudah karena hanya dengan mengirimkan nomor permohonan paspor ke WhatsApp Gateway Imigrasi Kediri, status paspor pemohon akan terjawab secara otomatis dan realtime dapat digunakan kapan saja.

Alur Kerja:

  1. Pemohon menyimpan nomor WhatsApp Gateway Imigrasi Kediri (0811-3374-440) pada smartphone pemohon;
  2. Pemohon mengetikan & mengirimkan 16 digit nomor permohonan paspor ke WhatsApp Gateway tersebut (nomor permohonan tertera pada pojok kanan atas Bukti Pengantar Pembayaran Paspor);
  3. WhatsApp Gateway akan otomatis mengirimkan balasan status paspor pemohon apakah sudah dapat diambil atau belum.

Kegunaan Lainya:

WhatsApp Gateway Imigrasi Kediri ini juga dapat digunakan untuk mengetahui:

  • Cara Pembayaran Paspor (ketik: #bayar);
  • Informasi Biaya Paspor (ketik: #biaya);
  • Persyaratan Pengajuan Paspor (ketik: #persyaratan);
  • Menyampaikan Kritik / Saran (ketik: #kediri lalu tulis isi dari kritik/saran);
  • Serta Info Cara Pendaftaran Antrean Paspor Online.

Selain 3 Inovasi Unggulan di atas, untuk semakin membuat nyaman bagi pemohon keimigrasian, Kantor Imigrasi Kediri juga menyediakan sarana-sarana penunjang.

Sarana penunjang di dalam Ruang Pelayanan meliputi Pojok Baca, Internet Area, Charge Box, Ruang Bermain Anak, Ruang Ibu Menyusui, Cafetaria, Smooking Room, toilet, dll.

Sedangkan sarana penunjang di luar Ruang Pelayanan meliputi tempat ibadah (masjid), IMI-Cafe, toilet, parkir luas, dll.