Kunjungi Kanim Kediri, Kakanwil Usulkan Benahi Alur Pelayanan

46

KEDIRI – Sebagai kantor yang telah mendapat kenaikan status klasifikasi dari kelas III menjadi kelas II, diperlukan beberapa inovasi pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar lebih baik. Salah satunya adalah dengan mengubah alur pelayanan.

Senin (20/06), Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji didampingi Kadiv Keimigrasian Hendro Tri Prasetyo mengunjungi Kantor Imigrasi Kediri. Kunjungan dalam rangka Pembinaan Monitoring Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal).

Saat mengamati jalannya pelayanan di Kanim Kediri, Kakanwil mendapati perlunya pembenahan pada alur pelayanan. Tampak akses pintu masuk dan pintu keluar pada ruang pelayanan Kanim Kediri masih menjadi satu. Beliau mengharapkan jajaran Kantor Imigrasi Kediri segera berbenah. “Akan lebih baik jika ada akses pintu keluar baru agar alur layanan semakin baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kadiv Keimigrasian mengingatkan jajaran Imigrasi Kediri untuk terus menumbuhkan pola pikir dan budaya kerja yang produktif, adaptif dan kolaboratif. “Jalin kebersamaan yang positif antar lini agar tercipta budaya kerja yang harmonis,” tutur Hendro.

Menyambut kunjungan tersebut, Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kediri, Thomas Jefferson selaku Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, mengungkapkan bahwa permohonan paspor di Kanim Kediri meningkat signifikan pasca pandemi seiring dibukanya perjalanan ke luar negeri.

Menyikapi hal itu, Kanim Kediri juga telah membuka kuota antrean paspor online (M-Paspor) sebanyak tiga kali lipat dari biasanya. Selain itu, Kanim Kediri juga terus berinovasi salah satunya dengan memberikan kemudahan pengurusan paspor di tempat publik (mall). Layanan tersebut berlangsung dua kali seminggu dapat melayani sebanyak 15 pemohon paspor perhari.