Mengenal Inteldakim

1145

Kali ini akan kita bahas tentang salah satu seksi di Kantor Imigrasi Kediri, yaitu Seksi Inteldakim.

Secara singkatnya, Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kediri memiliki tugas di bidang intelijen, pengawasan, dan penindakan keimigrasian; baik untuk WNI maupun WNA di wilayah kerja. Wilayah kerja Kanim Kediri meliputi Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Jombang.

Dalam melaksanakan tugas di bidang pengawasan orang asing, seksi ini juga bekerja sama dengan instansi lain yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA). Misalnya jika suatu instansi menemukan ada orang asing yang membuat keributan, bermasalah, atau melakukan aktifitas mencurigakan di suatu daerah, instansi tersebut dapat melapor dan bekerja sama dengan kantor imigrasi untuk proses penyidikan dan penindakan orang asing tersebut. Jika dari hasil proses penyidikan terbukti melanggar peraturan, orang asing tersebut dapat dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa pemulangan/deportasi, dll.

Bagi WNI apa? Nah, jika paspor kamu hilang atau rusak, sebelum proses pengambilan biometrik paspor, kamu akan dimintai keterangan atau diperiksa terlebih dahulu oleh Seksi Inteldakim yang hasilnya nanti apakah disetujui atau tidak pengajuan paspormu. Jika dalam pemeriksaan ditemukan indikasi unsur kesengajaan dalam penyebab hilangnya/rusaknya paspormu, pengajuan paspor dapat ditangguhkan karena dianggap tidak dapat menjaga dokumen negara.

Selain itu, jika dalam proses wawancara paspor petugas menemukan kecurigaan bahwa paspor akan disalahgunakan, Seksi Inteldakim dapat melakukan penyidikan lebih lanjut. Tentunya dengan berkoordinasi dengan instansi lain.

Demikian sebagian dari tugas Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kediri dalam bidang intelijen, pegawasan, dan penindakan keimigrasian. Semoga dapat menambah wawasan Sobat semua. Terima kasih.