Narasumber Fasilitas Bimbingan dan Pembinaan Antar Kerja Antar Negara

310

KEDIRI – Senin (19/08), Kanim Kediri kembali diundang sebagai narasumber kegiatan Fasilitas Bimbingan dan Pembinaan Antar Kerja Antar Negara (AKAN), Pencegahan PMI Non Prosedural dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang diselenggarakan oleh Disnaker Kabupaten Kediri.

Kali ini, acara berlangsung di Desa Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri dan diikuti peserta sekitar 90 orang warga Desa Selodono.

Perwakilan sebagai narasumber dari Kanim Kediri, Bapak Pedro Adi Anggoro, memaparkan tentang persyaratan pengajuan paspor untuk bekerja ke luar negeri.

Disamping menanyangkan video razia pekerja illegal di luar negeri, Bapak Pedro menjelaskan bahwa Imigrasi berupaya melindungi setiap warga negara yang diduga akan menyalahgunakan paspor atau menjadi korban TPPO saat pengajuan paspor, terutama saat proses wawancara.

Petugas Imigrasi diberi wewenang untuk menolak permohonan paspor jika terdapat indikasi potensi yang membahayakan kedepannya bagi pemohon paspor.

Untuk itu, peserta bimbingan/pembinaan dihimbau untuk mengurus ID TKI & Surat Rekomendasi dari Disnaker terlebih dahulu jika akan mengajukan paspor untuk bekerja ke luar negeri.

Peserta juga dihimbau agar berhati-hati terhadap bujuk rayu untuk ikut ke luar negeri oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang biasanya menjanjikan hal-hal yang tidak wajar.