Zoom Meeting: Deseminasi Pelayanan Publik Berbasis HAM dan Pos Yankomas

362

Pagi ini (15/06), perwakilan pejabat struktural Kantor Imigrasi Kediri mengikuti Zoom Meeting Deseminasi dan Penguatan HAM yang diisi pemateri dari Ditjen HAM. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi tentang pelayanan prima. Setiap UPT diminta memberikan pelayanan yang berbasis HAM; antara lain memberikan layanan prioritas pada kelompok rentan meliputi lanjut usia, penyandang disabilitas, balita, dan ibu hamil & menyusui.

Selain itu, UPT juga diminta membangun fasilitas berbasis HAM berupa tempat bermain anak, ruang laktasi, tempat ibadah, ruang tunggu yang memadai untuk meningkatkan pelayanan.

Setiap UPT juga wajib membentuk unit pengaduan (Yankomnas) guna memberi informasi kepada masyarakat dan menindaklanjuti pengaduan atas ketidakpuasan pelayanan.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan pelayanan di masa new normal saat ini setiap UPT diharuskan untuk mengedepankan pelaksanaan protokol Covid-19 antara lain dengan menjaga jarak, fasilitas cuci tangan, penggunaan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield.