Cara Bayar Paspor Melalui Tokopedia & Bukalapak

6326

Ketika datang ke Kantor Imigrasi, banyak masyarakat pemohon paspor yang masih beranggapan bahwa pembayaran paspor hanya dapat dilakukan secara tunai di Kantor Imigrasi saat mereka proses paspor. Akan tetapi, hal tersebut ternyata tidak benar dan tidak memungkinkan dapat dilakukan. Saat ini, petugas di Kantor Imigrasi tidak dapat melayani pembayaran paspor. Pembayaran PNBP paspor dan jasa keimigrasian lainnya harus dilakukan di luar Kantor Imigrasi.

Banyak pilihan untuk melunasi tagihan pembayaran PNBP paspor. Secara konvensional, pembayaran PNBP paspor dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke Kantor Pos, bank persepsi, atau gerai Indomaret. Selain itu, pembayaran paspor juga dapat dilakukan secara mandiri menggunakan mesin ATM atau secara online dengan menggunakan layanan mobile banking pada bank persepsi.

Selain cara-cara di atas, dengan semakin menjamurnya transaksi jual beli online (ecommerce) di masyarakat, pembayaran paspor kini juga dapat dilakukan melalui aplikasi belanja online. Dua aplikasi belanja online yang dapat digunakan untuk pembayaran PNBP paspor adalah Tokopedia dan Bukalapak.

Berikut ini prosedur pembayaran paspor menggunakan aplikasi Tokopedia dan Bukalapak. Silakan disimak.

Penulis & Grafis:
Adn-Tikim