Ikuti On Desk Evaluation, Kantor Imigrasi Kediri Siap Raih WBK

319

Kediri. Kantor Imigrasi Kediri hari ini Jumat (15/05) ikuti On Desk Evaluation oleh Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI. Evaluasi ini dilakukan secara daring melalui salah satu aplikasi cloud meeting, dan diikuti oleh Kepala Kantor dan juga Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas.

Dalam evaluasi secara daring tersebut, Kantor Imigrasi Kediri menjelaskan upaya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Sebagaimana diketahui, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Saya dan seluruh jajaran berkomitmen untuk mewujudkan kantor kami terhindar dari segala bentuk pungli atau gratifikasi dan terus berupaya melakukan upaya perbaikan untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, ungkap Rakha Sukma Purnama, Kepala Kantor Imigrasi Kediri di akhir kegiatan.

Rakha menambahkan beberapa inovasi yang telah dilaksanakan dan terus ditingkatan pelayanannya, yakni disediakaanya pojok baca, tempat bermain anak, dan ruang laktasi. Selain itu, Kantor Imigrasi Kediri juga menyediakan halte dan ruang ramah ham, yang dikhususkan untuk melayani pemohon prioritas meliputi difabel, lanjut usia, ibu hamil dan balita.

Saat ini pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kediri juga dimudahkan, seperti dapat melakukan cek status permohanan baik melalui WA Gateway maupun laman khusus cek paspor. Namun, dalam masa pandemi Covid-19 ini, pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kediri dibatasi hanya untuk permohonan paspor dalam keadaan mendesak seperti orang sakit yang mengharuskan ke luar negeri, keperluan penanganan Covid-19, serta kebutuhan untuk beasiswa ke luar negeri.

“Segala perubahan yang dilakukan, semata-mata bukan hanya karena tuntutan perubahan zaman, namun juga sebagi bentuk pertanggungjawaban kepada Tuhan YME”, pungkas pria 38 tahun ini.

Dengan adannya pembangunan Zona Integritas ini, Rakha juga menyampaikan secara kontinyu akan terus melakukan upaya peningkatan dan sosialisasi kepada masyarakat, serta berharap masyarakat terus mengawasi dan memantau pelaksanaan pelayanan serta tidak segan melaporkan jika ada pelayanan yang kurang baik di Kantor Imigrasi Kediri.