Imigrasi Kediri Ikuti Tahap Kedua Vaksinasi Covid-19

145

Dua minggu berselang setelah melalui penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama, tiba saatnya jajaran Kanim Kediri mengikuti proses vaksinasi tahap kedua. Masih berlokasi di tempat yang sama yaitu Klinik dr Vitis, pegawai & PPNPN Kanim Kediri secara bergiliran dan sesuai jadwal mendapat suntikan vaksin Covid-19 tahap kedua selama dua hari ini, 30-31 Maret 2021.

Menurut info dari berbagai sumber, interval waktu penyuntikan vaksin antara tahap pertama dan kedua tersebut minimal 14 hari, tidak boleh dipercepat, jika dimundurkan maka maksimal 28 hari. Tahap pertama penyuntikan bertujuan untuk membentuk antibodi tubuh terhadap Covid-19. Sesuai uji klinis, rentang waktu 14-28 hari tersebut merupakan waktu optimal dalam pembentukan antibodi tubuh seseorang. Antibodi yang terbentuk setelah melewati tahap pertama akan diperkuat kembali pada tahap kedua penyuntikan vaksin.

Di Indonesia, penyuntikan vaksin Covid-19 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, kemudian dilanjutkan anggota TNI/Polri, instansi pelayanan publik, dan lansia. Harapannya, dengan adanya program pemerintah pelaksanaan vaksinasi ini akan menekan laju penyebaran Covid-19. Yaitu dengan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok sehingga Indonesia dapat segera terbebas dari belenggu pandemi Covid-19 berkepanjangan.