Intermezo: Pakai Seragam Cokelat, Sempat Dikira Polisi

114

Jika Anda ke Kantor Imigrasi Kediri, ada yang berbeda dengan penampilan petugas satpamnya. Sejak hari Senin, 8 Februari 2021 kemarin, petugas satuan pengamanan atau satpam Kantor Imigrasi Kediri baik yang bertugas di pos penjagaan gerbang maupun di depan pintu pelayanan menggunakan seragam berwarna cokelat, selain itu juga mengenakan pangkat. Pasalnya, seragam baru petugas satpam ini mirip dengan anggota Kepolisian.

Banyak yang salah sangka dengan penampilan seragam satpam terbaru tersebut. Dituturkan Anton, salah seorang petugas satpam Kanim Kediri, “Ada pemohon yang tanya, ada apa kok Imigrasi Kediri dijagain polisi?”. Anton pun menuturkan mendapat pertanyaan dari beberapa pegawai, “Bahkan beberapa pegawai mengaku kaget saat pertama melihat kami, kok seragamnya mirip seragam polisi?” lanjut Anton.

Saat dikonfirmasi ke bagian yang mengkoordinasi PPNPN & petugas satpam di Kanim Kediri, Kaur Umum – Kelik Surya Ardhiansa membenarkan penggunaan seragam satpam mirip polisi tersebut. “Tidak bertujuan untuk bergaya atau menakut-nakuti, penggunan seragam satpam warna cokelat tersebut merujuk pada Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Perkap tersebut mulai berlaku tahun 2021 ini.” tutur Kelik.

Dari berbagai sumber didapatkan informasi bahwa penetapan seragam satpam berwarna cokelat bertujuan untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan personil satpam. Selain itu, aturan baru ini untuk menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas di tengah masyarakat.