Pengajian: Mengenal Baitul Maqdis

175

Seusai Ibadah Sholat Jumat (11/06) diadakan pengajian di Masjid Al Karim Kantor Imigrasi Kediri. Menjadi pengisi pengajian kali ini adalah Ustadz Marenda Darwis dengan materi pengajian “Mengenal Baitul Maqdis”.

Menurut Ustadz Darwis dalam ceramahnya, Baitul Maqdis kerap digunakan untuk merujuk pada kota Yerusalem. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menceritakan perjalanan Isra’ Mi’raj pada penduduk Makkah. Dan titik Mi’raj Nabi Muhammad SAW dimulai dari Baitul Maqdis di mana pada tempat tersebut terdapat Masjidil Aqsa.

Peristiwa Isra’ Mi’raj terdapat di surat Al Isra’ ayat 1 yang menyatakan bahwa Baitul Maqdis merupakan tempat yang diberkahi. Baitul Maqdis merupakan kiblat pertama umat Islam serta merupakan tempat suci bagi 3 agama yaitu Islam, Nasrani dan Yahudi.

Ustadz Darwis menyampaikan bahwa apa yang terjadi di Baitul Maqdis merupakan konflik kemanusiaan yang berkepanjangan. Sebagai seorang muslim sepantasnya kita peduli pada saudara kita yang disana. Pada hadits nabi disebutkan “Barangsiapa yang tidak peduli urusan kaum Muslimin, maka dia bukan golonganku.”.