Pengajian Ramadan Kanim Kediri, Pegawai Belajar Lagi Rukun Sholat

61

Menuntut ilmu sampai akhir hayat. Sesuai anjuran tersebut, seusai pelaksanaan sholat Dzuhur siang ini, Senin (10/05), jajaran Kantor Imigrasi Kediri mengikuti pengajian Ramadan yang dibawakan Ustadz Marenda Darwis. Pengajian bertempat di Masjid Al Karim Kanim Kediri.

Setelah sebelumnya pernah menyampaikan fiqih thaharah, kali ini Ustadz Darwis membagikan ilmu tentang fiqih sholat. Dalam ceramahnya, Ustadz Darwis menyampaikan tata cara, rukun, sunah, & syarat syahnya sholat mulai dari awal hingga akhir secara runtut. Fiqih sholat tersebut disampaikan secara rinci menurut pandangan dari berbagai madhzab serta dengan simulasi praktek langsung sehingga menambah wawasan keilmuan.

Selain itu, Ustadz Darwis juga menyampaikan kesalahan-kesalahan gerakan yang tidak memiliki dasar dan sering dilakukan saat melaksanakan sholat. Jamaah pengajian banyak yang mengaku baru mengetahui hal tersebut sehingga menjadi koreksi pribadi pelaksanaan ibadah sholat selama ini.

Walau terdapat perbedaan minor tentang tata cara sholat dari berbagai madhzab, kiranya hal tersebut tidak menimbulkan konfik. “Jika telah sesuai dengan fiqih, tentunya perbedaan tidak perlu diperdebatkan dan seharusnya justru menjadi rahmat.” ujar Ustadz Darwis.