Rapat Timpora Kabupaten Nganjuk: Tingkatkan Sinergitas Pengawasan Orang Asing di Masa Pandemi

122

Nganjuk – Guna Meningkatkan sinergitas dalam pengawasan orang asing pada masa kebiasaan baru, hari ini Kantor Imigrasi Kediri menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Kabupaten Nganjuk, Kamis (17/06). Rakor berlangsung di Hotel Front One, dihadiri perwakilan forkompimda tergabung dalam Timpora Kabupaten Nganjuk.

Mengawali rakor, Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supriyanto, selaku narasumber menyampaikan bahwa pengawasan ketenagakerjaan bagi tenaga kerja asing di wilayah Nganjuk telah dilaksanakan secara rutin dengan berkoordinasi bersama Disnaker Provinsi. Pelaksanaannya dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sedangkan Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Kediri, Syahrul Mubarak Yamang, menekankan pentingnya pembentukan Timpora demi sinergitas dan efektivitas pengawasan orang asing. Setelah memaparkan kebijakan terkait visa dan izin tinggal bagi orang asing pada masa adaptasi kebiasaan baru, Syahrul menyampaikan data WNA wilayah Kabupaten Nganjuk sesuai database yang dimiliki Ditjen Imigrasi.

Selain itu, Syahrul memperkenalkan Aplikasi Pegawasan Orang Asing (APOA) versi 2 yang berbasis QR-Code. Aplikasi ini memiliki kelebihan dibanding versi sebelumnya. Penerapan aplikasi tersebut diharapkan semakin mempermudah dalam monitoring pergerakan dan aktifitas orang asing di wilayah Indonesia.

Dalam sesi diskusi, anggota Timpora menghendaki adanya penyamaan data WNA yang dimiliki masing-masing instansi serta cross-check update persebaran orang asing di wilayah Kabupaten Nganjuk. Untuk itu diperlukan adanya kegiatan pengawasan bersama yang melibatkan lintas instansi. Anggota Timpora Kabupaten Nganjuk juga sepakat untuk memanfaatkan WAG untuk memudahkan bertukar informasi, berkoordinasi, dan saling bersinergi dalam pengawasan orang asing.