Eazy Passport: Solusi Urus Paspor Kolektif, Tidak Perlu Datang ke Kantor Imigrasi

258

KEDIRI – Jumat (26/02). Mengurus paspor bersama-sama rekan se-kantor, teman kuliah, teman komunitas/organisasi, tetangga perumahan, dll saat ini dipermudah. Telah hadir cara lebih mudah untuk mengurus paspor secara kolektif, tidak perlu mendaftar antrean online serta tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi karena petugas Imigrasi lah yang akan mendatangi lokasi pemohon untuk proses paspor. Layanan jemput bola dalam pengurusan paspor tersebut bernama Eazy Passport.

Layanan Eazy Passport merupakan inovasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi sejak tahun 2020. Layanan ini hadir untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus paspor secara kolektif. Selain itu, layanan ini merupakan solusi dari kekhawatiran masyarakat untuk mendatangi instansi pelayanan publik di tengah pandemi.

Untuk mendapatkan layanan Eazy Passport dari Kantor Imigrasi Kediri caranya cukup mudah. Terlebih dahulu, komunitas masyarakat/instansi mendata siapa saja anggotanya yang bersedia untuk proses paspor secara kolektif. Jika sudah terkumpul minimal 25 orang pemohon yang bersedia mengajukan paspor, perwakilan komunitas dapat mengajukan permintaan layanan Eazy Passport ke Kantor Imigrasi Kediri dengan datang langsung atau bersurat ke alamat email [imigrasi.kediri@gmail.com]. Jika telah disetujui, Kantor Imigrasi Kediri akan menjadwalkan pelaksanaan layanan Eazy Passport di lokasi sesuai yang diminta.

Sebagai catatan, layanan ini hanya dapat melayani permohonan paspor baru dan penggantian paspor saja. Untuk permohonan penggantian paspor hilang, rusak, atau ganti data belum dapat diproses dalam layanan ini karena pemohon harus datang langsung ke Kantor Imigrasi.

Dalam layanan Eazy Passport tidak ada biaya jasa atau biaya tambahan untuk mendapatkannya, alias gratis. Biaya yang berlaku hanyalah tarif paspor sesuai PNBP yaitu sebesar Rp. 350.000,00 per permohonan. Pembayaran paspor dapat dilakukan setelah selesai proses pengambilan data biometrik dan wawancara oleh petugas di lokasi pelaksanaan. Transaksi pembayaran dapat dilakukan di bank/kantorpos, melalui ATM/M-Banking/Internet Banking, atau dapat melalui aplikasi daring Tokopedia/Bukalapak.

Jika paspor sudah jadi sekitar 3-4 hari kerja setelah pembayaran paspor, salah satu perwakilan komunitas/instansi dapat mengambil paspor di Kantor Imigrasi Kediri dengan membawa surat kuasa pengambilan paspor masing-masing pemohon atau surat perintah dari pimpinan komunitas/instansi. Alternatif lainnya, paspor juga dapat dikirim melalui PT Pos dengan tambahan biaya pengiriman paspor sesuai tarif yang berlaku pada PT Pos.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan Eazy Passport Kantor Imigrasi Kediri dapat menghubungi WhatsApp CS di nomor 0811-3337-8284 (chat-only) atau melalui email [imigrasi.kediri@gmail.com].

“Bikin Paspor Lebih Mudah dengan Eazy Passport”

Penulis & Grafis: Adn – Tikim Kanim Kediri