Perkuat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Kediri Gelar Rapat TIMPORA Kota & Kabupaten Kediri

140

[instagram url=https://www.instagram.com/p/Cbbhv6bLxWQ/ hidecaption=true]

Bertempat di Hotel Grand Surya Kediri, selama dua hari tanggal 21-22 Maret 2022, Kantor Imigrasi Kediri menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) se-Kota Kediri pada hari Senin, dilanjutkan Rakor TIMPORA se-Kabupaten Kediri pada hari Selasa. Dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kediri, Erdiansyah, rakor dihadiri perwakilan instansi anggota TIMPORA masing-masing wilayah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Syahrul Mubarak Yamang, memaparkan kebijakan terbaru terkait orang asing yang akan dan sedang berada di wilayah Indonesia sekaligus memperkenalkan aplikasi Si-Tora (Sistem Informasi Tim Pengawasan Orang Asing).

Aplikasi Si -Tora bertujuan untuk mendorong keterlibatan masyarakat dan Timpora dalam menemukan bukti pelanggaran atau kegiatan orang asing yang mencurigakan dan melaporkannya pada petugas imigrasi melalui satu pintu tanpa harus memviralkannya terlebih dahulu. Teknis penggunaan Si-TORA lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian, Aliga Fauzan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi hangat serta praktik langsung pendaftaran admin aplikasi Si-TORA oleh anggota TIMPORA. Diharapkan Rapat Koordinasi TIMPORA dapat menghasilkan kesepahaman dan memaksimalkan pengawasan orang asing di wilayah Kota Kediri dan Kabupaten Kediri, terlebih didukung dengan hadirnya aplikasi baru untuk mempermudah pengawasan.